KEHIDUPAN KAMPUS


 BERBAGAI JULUKAN MAHASISWA DI KAMPUS
Oleh : Achmad Nosi Utama

Setiap orang memiliki pengalaman hidup masing-masing, yang sering kali berbeda antara orang satu dan lainnya. Dalam tulisan ini, saya akan menuliskan hal, yang didasarkan pada pengalaman hidup saya. So, Let's Get The Ball Rolling (Artinya : Ayo kita Mulai. Bahasa ini adalah bahasa amerika slang, yang saya dapatkan ketika saya mengikuti khursus bahasa inggris di kampung inggris pare, Kediri).

Kuliah, pulang, kuliah lagi, dan pulang lagi. Itulah rangkaian kegiatan yang selalu dilakukan oleh beberapa mahasiswa di kampus saya. Mahasiswa-mahasiswa yang melakukan rangkaian kegiatan tersebut selama masa kuliah, atau dalam beberapa waktu tertentu selama masa kuliah, sering dijuluki dengan julukan "mahasiswa kupu-kupu" (kuliah pulang, kuliah pulang).  Ntah pulang lalu belajar, atau pulang lalu main, atau kegiatan lain, itu tidak jadi masalah. So, julukannya tetep KUPU-KUPU. Bukan kupu-kupu malam ya ! haha

Selain julukan kupu-kupu, ada lagi nih julukan lain yang biasa jadi celetukan di kampus saya (Fakultas Hukum Universitas Diponegoro). Julukan itu disebut dengan "mahasiswa rolling stone". Artinya adalah kegiatan mahasiswa tersebut selama masa kuliah atau waktu tertentu selama masa kuliah adalah kuliah, pulang, main, makan, tidur, dan kuliah lagi. Itulah kegiatan rutin dari mahasiswa tersebut. Julukannya keren ya ... Rolling Stone !! Metalll !!!  hahaha

Kemudian, di fakultas hukum tercinta saya ini, terkenal dengan cewe-cewenya yang cantik. widihhhhhh mantap cuy. Tapi gak cuma cantik aja, stylenya pun oke banget. modis modis cuyy !!. Trus, disini juga banyak banget mahasiswa yang pakai kendaraan mobil.. Saking banyaknya nih, udah kayak lautan mobil. Sepanjang jalan sekitaran gedung Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Budaya, dan D3 Perkapalan, isinya mayoritas mobil-mobil anak fakultas hukum. behhhhh, ngeri !!.

Oke, lanjut lagi. Selain kupu-kupu dan rolling stone, ada nih julukan yang biasa disebut "mahasiswa enterpreneur". Mahasiswa golongan ini, adalah mereka yang selain kuliah, mereka juga membuka usaha, seperti usaha ojek online, rumah makan, dan sebaginya.

Kemudian, ada lagi nih julukan mahasiswa yang disebut "mahasiswa organisatoris" atau "aktivis". Ada beberapa orang yang membedakan arti dari istilah keduanya, ada pula beberapa orang menganggap bahwa arti kedua istilah tersebut adalah sama. Tapi perbedaan kedua pandangan tersebut tidak menjadi masalah yang signifikan. Untuk menyederhanakannya, saya samakan saja kedua istilah tersebut menjadi istilah AKTIFIS. Mahasiswa yang tergolong aktivis ini, selain kuliah, pulang, tidur, dan sebagainya,  juga melakukan kegiatan lain yang fokusnya adalah penambahan soft skill pada mahasiswa tersebut. Biasanya mahasiswa golongan ini, tergabung dalam organisasi internal kampus, seperti BEM, SENAT, UPK, UKM, dan/atau Himpunan Mahasiswa. Namun ada juga beberapa mahasiswa yang tergabung dalam ekstra gerakan mahasiswa, dan sebagainya. Sebenarnya, menurut pandangan saya, mahasiswa yang memiliki usaha, atau aktif melakukan kegiatan lain selain kuliah, juga dapat dikatakan sebagai aktivis. Namun, jika ada orang yang tidak sepakat dengan saya, itu bukan menjadi masalah. Karena hal itu kembali kepada pandangan masing masing orang.

Sekian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar